Bagan struktur organisasi

Dalam bahasa sehari-hari struktur diartikan sebagai susunan antara seluruh bagian-bagian dari sesuatu dapat juga diartikan sebagai susunan saling hubungan antara seluruh bagian-bagian dari suatu unit kerja sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.

Kesatuan utuh yang dimaksudkan dalam hal ini adalah unit kerja atau yang dikenal dengan istilah organisasi.

Pengertian Organisasi

Secara sederhana, organisasi dapat dinyatakan sebagai perpaduan dari beberapa rangkaian kerja sama untuk mencapai tujuan, oleh karena itu organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat menciptakan sistem kerja sama dalam pencapaian tujuan.

Menurut T.W. Wajong; dalam Fungsi Administrasi Negara dinyatakan bahwa ” Organisasi adalah gabungan alat yang disusun dalam hubungan kerja sama untuk mencapai tugas tertentu”. (Wajong 1989).

Oleh Sondang P Siagian; dalam Filsafat Administrasi, disebutkan bahwa :

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama serta secara formal terkait dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan, dalam kaitan mana terdapat seorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/ sekelompok orang yang disebut bawahan”. (Sondang P. Siagian, 1978. hal. 7)

Pendapat yang dikemukan oleh Max Weber, dimana dinyatakan bahwa :

Organisasi adalah suatu kelompok kerja sama dalam suatu tata hubungan sosial yang dihubungkan dan dibatasi oleh aturan-aturan. Aturan ini sejauh mungkin dapat memaksa seseorang untuk melakukan hubungan kerja sebagai suatu fungsinya yang ajek, baik dilakukan oleh pimpinan maupun pegawai-pegawai administrasi lainnya”. (Max Werber, 1989)

Struktur Organisasi

Struktur organisasi pada hakekatnya merupakan penegasan akan susunan kerangka yang menunjukkan saling hubungan atau tata kerja antara bagian-bagian atau sub bagian yang ada dalam suatu unit kerja, sehingga setiap bagian atau sub bagian mengetahui secara jelas apa yang menjadi bidang tugas, kewenangan dan tanggung jawabnya. Demikian pula kepada siapa bagian mempertanggung jawabkan aktivitas yang dilakukannya. Tata hubungan kerja sama ini biasanya dibuat dalam bentuk bagan.

Pendapat yang dikemukakan Amin Widjaja, bahwa:

Bagan organisasi merupakan suatu diagram dari struktur organisasi, yang menunjukkan fungsi-fungsi, departemen-departemen, atau posisi dari organisasi dan bagaimana mereka berhubungan” (Amin Widjaja, 1993, hal. 215)

 

About these ads

About arfanart

asik,bawel,ngeselin,agak pelit

Posted on October 11, 2012, in Tugas teori organisasi umum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: