Al-quran sebagai pandangan hidup

Al-Qur’an bisa dijadikan sebuah pedoman atau pandangan hidup

Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk hidup di dunia. Selama manusia hidup di dunia, mereka harus mempunyai pedoman atau pandangan hidup. Kita bisa menentukan pandangan hidup sendiri, yaitu melalui pendapat-pendapat atau pertimbangan-pertimbangan yang merupakan hasil dari pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya,  pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:

1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berupa idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Sedangkan unsur-unsur dari dijadikan sesuatu sebagai pedoman atau pandangan hidupan, yaitu:

∗Cita-cita
*Kebajikan
∗Usaha
∗ Keyakinan / kepercayaan

Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita-cita merupakan apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tenteram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan / kepercayaan. Keyakinan / kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.

Banyak sekali contoh pedoman atau panndangan-pandangan hidup yang bisa digunakan oleh seseorang. Namun, Allah SWT. telah memerintahkan kita untuk selalu berpedoman kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai pandangan hidup kita. Oleh karena itu, kewajiban kita untuk selalu berpegah teguh kepada pedoman atau pandangan hidup kita masing-masing.

Sekian tulisan saya mengenai manusia dan pandangan hidup, sekira mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang tepat maupun yang tidak tepat sekalipun

About arfanart

asik,bawel,ngeselin,agak pelit

Posted on June 13, 2012, in TUGAS ILMU BUDAYA DASAR. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: