Etika Dan Profesionalisme Beserta Contoh Kasus

Definisi Etika ?

Etika adalah tata cara dalam melakukan suatu kegiatan dengan tujuan baik di pandang oleh sesama manusia, agar pada saat melakukan prosess interaksi sesama manusia dapat berjalan lancar. Dalam melakukan beretika manusia juga perlu memikirkan bagaimana langkah yang tepat agar dapat diterima oleh kalangan masyarakat umum, kita perlu mempelajarai etika masyarakat yang berada dalam satu lingkungan kita dikarenakan di masing-masing tempat berbeda dalam melakukan etika terhadap sesama manusia

Definisi Profesionalisme ?

Profesionalisme adalah suatu kemampuan yang dihasilkan dari seseorang yang memiliki suatu keterampilan dalam hal bidang tertentu ia mampu menangani atau menyelesaikan suatu masalah dengan tahapan-tahapan yang bisa disebut profesionalisme dari segi waktu,qualitas,dan biaya yang dikeluarkan maupun dihasilkan. Dalam profesionalisme ia lebih cenderung dapat menerima masukan dari orang lain berdasarkan hasil kerjanya dan mampu mengambil keputusan berdasarkan ilmu yang ia miliki.

Contoh kasus etika perofesionalisme ?

Contoh Kasus Etika Profesionalisme Dalam Bidang IT

  1. Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain

Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang dicuri dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, pencurian account cukup menangkap user id dan password saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya benda yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua Warnet di Bandung.

 

  1. Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack

DoS attack merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang, crash) sehingga dia tidak dapat memberikan layanan. Serangan ini tidak melakukan pencurian, penyadapan, ataupun pemalsuan data. Akan tetapi dengan hilangnya layanan maka target tidak dapat memberikan servis sehingga ada kerugian finansial. Bagaimana status dari DoS attack ini? Bayangkan bila seseorang dapat membuat ATM bank menjadi tidak berfungsi. Akibatnya nasabah bank tidak dapat melakukan transaksi dan bank (serta nasabah) dapat mengalami kerugian finansial. DoS attack dapat ditujukan kepada server (komputer) dan juga dapat ditargetkan kepada jaringan (menghabiskan bandwidth). Tools untuk melakukan hal ini banyak tersebar di Internet. DDoS attack meningkatkan serangan ini dengan melakukannya dari berberapa (puluhan, ratusan, dan bahkan ribuan) komputer secara serentak. Efek yang dihasilkan lebih dahsyat dari DoS attack saja.

  1.  Membajak situs web

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu situs web dibajak setiap harinya.

 

Analisa

Berdasarkan study kasus tentang cyber crime tersebut menyatakan akan banyak masalah yang akan timbul dari tindakan – tindakan yang dilakukan oleh pengguna internet khususnya bagi para TI yang menggunakan keahlian yang mereka miliki untuk mendapatkan data atau manipulasi data apa saja, yang berhubungan dengan dunia tekhnologi.

 

Kesimpulan

Untuk itu perlu adanya profesionalisme yang ditanamkan kepada diri setiap tenaga ahli agar tidak menyalah gunakan keahlian yang mereka miliki untuk merugikan orang banyak dan juga perlu adanya pemahaman kepada setiap individu dari profesi tersebut agar lebih mengenal etika atau aturan yang meliputi profesi yang mereka jalani agar menjadi orang yang lebih bijak dalam bertindak serta menjalankan profesinya.

 

 

 

About arfanart

asik,bawel,ngeselin,agak pelit

Posted on April 2, 2015, in Etika & Profesionalisme TSI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: